Rossi on GP11 |
Jika kita perhatikan ada beberapa perbedaan secara fisik yang terlihat di GP11 dibandingkan dengan GP10
Yang paling mencolok adanya sirip atau winglets di fairing depan (yang berwarna hitam carbon) yang fungsinya menurut Filippo Preziosi mengurangi tahanan angin/ drag yang nantinya diharapkan akan menambah kecepatan motor (selain top speed, juga cornering speed saat di tikungan) sehingga bisa lebih irit BBM, dan juga mengurangi daya angkat/ lift di bagian depan sehingga lebih mudah dikendalikan. Ini adalah solusi dari kelemahan Ducati GP10 sebelumnya yang terkenal susah dikendalikan terutama bagian front end-nya.
Ducati GP10 |
Kemudian juga, masih di bagian fairing depan adalah lubang (atau coakan yah???abis lebar banget!) pembuangan hawa panas dari radiator dan mesin yang menyerupai sirip insang di ikan Hiu, yang berjumlah 2 buah sejajar, yang juga untuk memperbaiki aerodinamika dari Ducati GP11, sehinnga lebih stabil dan mesin lebih adem, yang ujung-ujungnya performanya tetap terjaga dan tidak overheating selama balapan.
Namun perubahan paling besar adalah yang ada dibalik fairing alias mesinnya, yang menurut Filippo Preziosi, sang desainer, mesin telah diubah untuk mendapatkan torsi yang lebih datar (karena sebelumnya di GP10 torsinya meledak-ledak alias susah diikendalikan) namun tanpa mengurangi powernya CMIIW. Sehingga goal-nya juga lebih mudah dikendalikan oleh sang joki.
Unveiled at the spectacular Madonna di Campiglio ski resort in Italy |
Jadi ga sabar nunggu 20 Maret 2011, seri pertama MotoGP 2011 dimulai!!
(Sumber MotoGP.com; motorcyclenews.com)
No comments:
Post a Comment