Search This Blog

Saturday, February 18, 2012

Yamaha R-125 versi Cina, weleh-weleh nekat tenan!

Cina emang terkenal sama kemampuannya untuk plagiat (apa copy paste yah, wong sama persis!!) produk otomotif. Masih ingat sama maraknya mocin beberapa tahun yang lalu yang ga pake permisi dan malu untuk mengcopy tampilannya (sekaligus mesinnya, mantafff!!!) Honda Supra, Suzuki Shogun 110 saat itu.
Dan sekarang pun masih ada, cuman yang dicopy udah ga level "bebek" lagi, tapi sportnya. Mulai CBR150, CBR125, dan yang terakhir Yamaha R125!
 Pake nama RC-125 walopun tulisan di fairingnya GM125 YZF-R (buset dah, mirip ama YZF R125 kan cuman dibalik aja), yang artinya pake mesin 125 cc air cooled, bukan water cooled loh (di websitenya disebutkan kalo tersedia juga 250cc-nya pake water cooling hmmm...) dengan power 11,0 kw/ 9000 rpm (lumayan, tapi beneran ga neh???)
Pelajaran yang bisa kita tarik dari kenekatan China ini sebenernya adalah kemampuan dan kemauan untuk bisa memproduksi (walaupun copy paste desain) bisa dilakukan, trus dilakukan pengembangan agar menjadi lebih baik.
Indonesia pun sebenarnya udah punya kemampuan untuk itu, wong orangnya pinter-pinter, cuman pemerintah dan para aparat dibawahnya aja yang kuraaaaannnnnnngggggg mendukung, jadinya motor nasional seperti Kanzen, dengan desain yang brilian (thanx mang No, as the designer) mati karena kurang didukung pemerintah.

Belom lagi korupsi yang merajalela sekaleee, wes parah tenan rek!
Daripada pusing mikirin pemerintah yang ga jelas mending dinikmati aja gambarnya Genata RC125 vs Yamaha YZF R125, check this out bro's!
 







No comments:

Post a Comment